About Us
Kisah Refugees

Sekilas Refugees terlihat random, hal itu disebabkan banyaknya kegiatan dan komunitas dari berbagai aspek yang terlibat.

Refugees pada awalnya adalah kedai garasi yang menjadi mini project dari PT Reka Bumi, berdiri pada tahun 2014 dan saat ini berlokasi di Cigadung Raya Barat no.2 (silahkan klik alamat pada menu navigasi, maka anda akan diarahkan ke maps google)

Saat berdiri, konsep Refugees dipakai karena mengikuti interior garasi di kedai pada saat itu, jadi untuk membenarkan konsep dan dekorasi minimnya maka nama Refugees dipergunakan.

Setelah itu kegiatan Refugees mulai bertambah dan mengalami pasang surut kehidupan. Selain kegiatan usaha kedai kopi yang selalu jalan, refugees terbuka lebar untuk berbagai program kreatif, semua masih berdasarkan minat dan dipelajari bersama sama.

Beberapa program pada awalnya adalah:

  1. Mengelola Limbah, dari limbah kedai, kantor menjadi kerajinan seperti lampu gantung, pot dan bahan dasar pulping untuk sculpting berbagai hal.
  2. Membuat peralatan, dari kayu bekas ( yang ini juga termasuk dalam mengelola limbah pada awalnya namun saat ini menjadi woodworking division)

Refugees akhirnya menjadi basecamp untuk beberapa komunitas sehingga domain awal refugees.camp dimunculkan dan program part time dijalankan. Namun ada kendala sekuriti dari situs tersebut maka situsnya sempat vakum dan berubah menjadi refugees.co.id .

Pada tahun 2019 Refugees mulai berjualan barang barang online yang saat ini menjadi divisi Marketplace. Melihat sulitnya berjualan online bagi pemula (susah untuk mendapatkan order, review toko yang belum ada, dll) Refugees mangajak teman teman untuk ikut jualan dengan menitipkan barangnya di toko online Refugees, sehingga kita dapat belajar bersama sama.

Visi Refugees

Visi Refugees adalah menjadi sebuah jejaring yang dapat menampung kegiatan teman teman. Refugees menjadi milik bersama dengan sistem pembagian persenan profit untuk setiap kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh teman-teman di dalamnya.

Refugees dimaksudkan untuk menjadi sebuah wadah dimana setiap orang dari berbagai latar belakang, usia dan gender bertemu dan melakukan berbagai aktivitas yang menarik, saat ini aktivitasnya dibagi menjadi coffeeshop, gardening, marketplace dan waste management.

Pada akhirnya Refugees akan ada di setiap provinsi menjadi jejaring nasional lalu jadi jaringan global yang siap mewadahi teman-teman.

Tertarik untuk bersama sama melaksanakan jejaring Refugees? Lihat map berikut, map ini akan selalu diupdate ketika hub Refugees bertambah di setiap provinsinya.

Plan Refugees

Untuk membentuk jejaring tersebut Refugees pilot project ini bermula di Bandung.

Untuk mempermudah teman-teman memahami Plan dari Refugees, dapat dilihat dari skema gambar berikut